√ 4 tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat dan telah terbukti

jenis tanaman obat keluarga dan kegunaannya

tanaman liar untuk obat - Sering kali kita menganggap jika tanaman liar semua tidak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit dalam tubuh kita. Hal tersebut tentu salah besar, karena banyak sekali tanaman disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tertentu. Jenis tanaman yang berkhasiat obat biasa disebut sebagai Tanaman Obat. Adapun manfaat yang dapat kita gunakan pada tanaman obat seperti misalnya mengobati, mencegah, meringankan penyakit.

Jenis tanaman obat sendiri banyak tumbuh disekitar kita, terutama jika lokasi anda berada di pedesaan sudah barang tentu anda tidak kesulitan untuk menemukan jenis tanaman obat ini. jika anda hidup di perkotaan anda bisa saja menanam tanaman ini untuk berjaga jika suatu saat diperlukan. Tanaman liar tersebut antara lain Bayam Duri, Anting-Anting, sering kali kita menganggap jika tanaman tersebut sebagai pengganggu akan tetapi dibalik itu ada khasiat yang luar biasa yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati tubuh anda.

Untuk lebih jelasnya, tanaman obat apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan, dibawah ini akan kami rangkum beberapa tanaman obat yang bisa anda tanam di pekarangan rumah anda.

1.Alang-alang / Ilalang
Yang pertama adalah Alang-alang, dikampung saya tanaman ini masih banyak dijumpai tanaman jenis ini, dan dikampung biasanya disebut sebagai Alang-alang akan tetapi biasanya orang kota menyebutnya sebagai ilalang. Tanaman ini seringkali dianggap sebagai tanaman yang tidak berguna dan ditebang agar pekarangan tetap bersih. padahal tanaman ini memiliki banyak khasiat diantaranya adalah dapat mengobati kencing darah, demam, sakit ginjal, mimisan dan lain-lain.

2.Bayam Duri
Dari namanya tanaman ini masih keluarga bayam akan tetapi tanaman ini memiliki ciri khusus jika dibandingkan dengan bayam pada umumnya yaitu pada rantingnya terdapat duri yang runcing. Tanaman ini juga termasuk tanaman liar yang kebanyakan orang tidak tahu akan khasiatnya. Meskipun tergolong tanaman liar anda harus tahu khasiat dari bayam duri ini, tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa yakni akarnya yang dapat anda gunakan untuk mengobati bisul, wasir, gusi berdarah, gusi bengkak, melancarkan ASI, mengobati demam, menghilangkan kutil dan masih banyak lagi.

3.Brotowali
Selanjutnya adalah tanaman Brotowali, tanaman ini biasa hidup pada semak-semak belukar, meskipun begitu tanaman ini dapat anda tanam pada pekarangan rumah anda. Tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa seperti misalnya air rebusan Brotowali ini dapat digunakan sebagai obat tradisional, airnya yang pahit dapat dengan mudah mengobati reumatik, menambah nafsu makan, kencing manis, menurunkan gula darah, menurunkan panas, mengobati sakit kuning, gatal-gatal, DBD, diare dan masih banyak lagi.

4.Ciplukan
Yang terakhir adalah ciplukan, dikampung saya tanaman ini mudah untuk ditemui biasanya di semak-semak dan pekarangan rumah, di kampung tanaman ini biasa disebut sebagai ciplukan, sedangkan di madura tanaman ini disebut sebagai nyur-nyuran dan dibali disebut cecendet. Tanaman ini memiliki kandungan kriptoxantin, acid, asam citrun, fisalin, alkaloid, glukosa tanin yang dapat berkhasiat untuk obat batuk, reumatik, bisul, demam atau flu dan juga diabetes.
tanaman liar untuk obat diatas adalah tanaman liar yang kebanyakan dipandang sebelah mata, akan tetapi sekarang anda tahu apa saja khasiat tanaman obat diatas, jadi mulai sekarang alangkah baiknya anda lebih teliti saat ingin menebang tanaman liar yang tidak berguna.

Artikel Terkait