√ 6 manfaat terong belanda untuk ibu hamil dan kanker

Tags

manfaat terong belanda untuk kecantikan

manfaat terong belanda untuk ibu hamil - Meski namanya terung, tetapi bentuknya berbeda dari terung yang selama ini kita temukan di negara-negara tropis. Disebut pula dengan tomat pohon, tanaman ini merupakan salah satu jenis semak atau pohon kecil yang berasal dari keluarga tanaman berbunga. 

Buah dari terung belanda berbentuk bulat bak telur dengan warna kemerahan. Terung belanda sebenarnya berasal dari kawasan Amerika Selatan seperti Andes, Peru, Ekuador, Kolombia, Bolivia, dan Chile.

Terung belanda juga dapat beradaptasi di wilayah subtropis seperti Afrika Selatan, Tiongkok, Australia, dan India. Tanaman ini pun dapat tumbuh di dataran tinggi di Filipina, Malayasia, hingga Puerto Rico. 

Meski sanggup bertahan di wilayah tropis, tetapi buah dari terung belanda tidak tumbuh banyak dan kecil. Terung belanda sangat populer di beberapa negara, bahkan punya manfaat untuk kesehatan. Apa saja yang dapat Anda peroleh dari terung belanda? Mari kita simak di bawah ini.
1.Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bagi Anda yang sedang hamil, terung belanda bisa menjadi sumber untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kondisi wanita mengandung sangat rentan dan kalau tidak dijaga dengan baik dapat membahayakan kondisi janin. 

Terung belanda juga aman dikonsumsi dalam cuaca apapun, sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda. Jika kurang suka mengonsumsinya secara langsung, Anda dapat menikmati terung belanda dalam bentuk selai untuk roti atau jus.

2.Mencegah Terjadinya Kanker
Penyakit berat seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengonsumsi terung belanda secara rutin. Seperti yang kita tahu, kanker terbilang sulit disembuhkan dan bisa sangat berbahaya di stadium lanjut. 

Lantas, serangan sel kanker tadi dapat dicegah dengan zat dan senyawa yang terdapat dalam terung belanda. Sebut saja vitamin A, vitamin C, fosfor, potasium, magnesium, dan lain sebagainya. Jika Anda memakan terung belanda secara rutin, maka risiko terkena kanker pun akan semakin kecil.

3.Melindungi Kesehatan Mata
Manfaat terong belanda selanjutnya berhubungan dengan indera penglihatan Anda. Seperti yang sudah disebutkan, buah ini mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Seperti organ vital tubuh lainnya, mata harus dijaga dan dirawat supaya tidak cepat rusak. Mengonsumsi sumber vitamin A seperti terung belanda merupakan salah satu cara yang dapat Anda terapkan. 

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan langsung menyantap terung belanda atau mengolahnya menjadi jus buah.

4.Membasmi Sembelit / Konstipasi
Sulit buang air besar atau sembelit merupakan salah satu masalah pada sistem pencernaan yang sering dialami. Kotoran yang tidak segera dikeluarkan dari tubuh tentunya akan mengganggu kesehatan. 

Maka untuk mengatasi sembelit, Anda dapat mengonsumsi sumber serat seperti terung belanda. Serat yang terdapat dalam buah tersebut dapat melancarkan sistem pencernaan untuk mengeluarkan kotoran. Jadi Anda dapat menikmati makanan tanpa merasa penuh atau begah di bagian perut.

5.Menghindari Radikal Bebas
Radikal bebas dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti wajah kusam hingga penuaan dini. Agar radikal bebas tidak menyerang tubuh Anda, terung belanda dapat dikonsumsi sebagai solusi. Buah ini ternyata mengandung antosianin, yaitu salah satu jenis flavonoid yang dapat membasmi radikal bebas. 

Anda dapat menyantap terung belanda atau membuatnya menjadi jus. Salah satu jenis minuman favorit dari buah ini adalah jus markisa terung belanda yang populer di Sumatra Utara.

6.Menunjang Pertumbuhan Tulang
Terung belanda dapat disantap bagi anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan fosfor, potasium, dan magnesium yang terdapat dalam buah ini dapat membantu pertumbuhan tulang. 

Selain itu, tumbuh kembang tubuh anak pun akan semakin baik. Anda dapat mengolah terung belanda menjadi jus atau ditambahkan pada makanan lain yang jadi favorit anak. Barengi juga konsumsi terung belanda dengan olahraga dan istirahat yang cukup.
Selain enam khasiat buah terong belanda di atas, terung belanda juga dapat menyembuhkan seriawan berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Semoga informasi seputar manfaat terong belanda ini bermanfaat bagi kesehatan kita semua.

Artikel Terkait