√ 6 khasiat pete untuk pengobatan yang luar biasa

Tags

khasiat pete untuk pengobatan


khasiat pete untuk pengobatan - Banyak orang tidak menggemari pete untuk dimakan. Hal ini dikarenakan baunya yang tidak sedap dan rasanya yang unik. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya terdapat berbagai macam manfaat pete bagi kesehatan tubuh? Dibalik bau yang menusuk saat memakan pete, terdapat khasiat yang sangat bermanfaat bagi penggemar pete apabila Anda mengonsumsinya tidak berlebihan dan sewajarnya. Mengonsumsi pete secara berlebihan memang dapat mengganggu fungsi pencernaan tubuh seperti susah buang air kecil yang kadang disertai nyeri, kinerja ginjal terganggu, pusing, dan dapat meningkatkan asam urat. 

Namun, jika Anda memakannya dengan cukup dan tidak terlalu sering, manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan efek sampingnya.

Apakah pete hanya dapat ditemui di Indonesia?
Jawabannya, tidak! Pete memang sangat popular di Indonesia. Namun makanan unik ini sudah menjamur ke negara lain seperti Cina, Korea, bahkan negara di benua Eropa & Amerika. Sudah banyak orang yang tidak asing dengan makanan ini meskipun sering kalipete mendapat julukan makanan paling mengerikan karena rasa, tekstur dan baunya. 

Di negara kita, seringnya pete digunakan sebagai lalapan atau teman hidangan utama. Dan bahkan sudah banyak juru masak terkenal yang mengolah hidangan kelas atas dari berbagai negara dengan menggunakan olahan pete.
Apa saja manfaat pete bagi kesehatan tubuh?
Menurut para ahli, terbukti jika kita mengonsumsi pete dengan tidak berlebihan, berbagai macam khasiat kita dapatkan. Berikut mari kita simak apa sja manfaat yang kita akan dapatkan jika mengonsumsi makanan ini.

1.Pete dapat menurunkan depresi seseorang
Jika Anda merasa sangat depresi karena masalah dan beban hidup yang Anda miliki, makanlah pete secukupnya. Pete terbukti memiliki kandungan tryptophan. Tryptophan ialah sejenis protein yang apabila dikonsumsi dapat memproduksi serotonin. Zat serotonin inilah yang membantu tubuh kita untuk lebih rileks dan perasaan kita menjadi bahagia. Zat ini juga dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.

2.Pete dapat mencegah penyakit anemia
Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi yang ada pada tubuh kita. Pete dapat mencegah tubuh kita terjangkit penyakit berbahaya ini. Kandungan zat besi yang tinggi yang terdapat pada pete dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Penderita anemia pun dapat terobati dengan mengkonsumsi makanan ini dengan catatan tidak berlebihan memakannya.

3.Pete dapat mengurangi rasa sakit saat haid
Pete juga bermanfaat bagi wanita meskipun terkadang banyak wanita yang tidak menyukai baunya. Pete mengandung banyak vitamin B6. Vitamin ini yang bisa membantu mood wanita saat mengalami haid. Selain itu, vitamin B6 dalam pete dapat mengatur kadar gula darah saat seorang wanita sedang mengalami haid.

4.Pete dapat mencerdaskan otak seseorang
Percayakah Anda bahwa pete dapat membantu mencerdaskan otak? Makanlah 1 lajur pete setiap hari. Penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Inggris membuktikannya dengan menguji 200 siswa yang memakan pete secukupnya setiap hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 200 siswa ini lebih fokus saat belajar dan meningkatkan kecerdasan otak mereka. Dampak positif inilah yang membuat pete sangat bermanfaat bagi tubuh anak agar lebih berkonsentrasi saat belajar.

5.Pete dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi
Garam yang dikandung dalam pete jumlahnya sangatlah rendah sehingga makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita stroke dan tekanan darah tinggi.

6.Pete dapat membantu saluran pencernaan
Jika Anda memiliki gangguan pencernaan, pete sangat cocok untuk jadi solusi. Pete memiliki kandungan dietary fibers yang sangat tinggi yang dapat membantu proses pencernaan. Makan ini dapat menjaga lambung Anda karena struktur pete yang halus dan lembut. Selain itu pete juga mempunyai fungsi untuk menetralisir asam lambung di dalam tubuh Anda. 
manfaat petai untuk kesehatan juga dapat menyembuhkan iritasi/luka di dalam pencernaan dengan melapisi lambung bagian dalam. Itulah tadi sedikit dari sekian banyak manfaat pete. Ingatlah bahwa mengkonsumsi pete dengan jumlah yang cukup dapat membantu Anda meraih manfaatnya. Mengkonsumsi pete dalam jumlah berlebih akan menyebabkan banyak efek samping untuk tubuh. Pete juga disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Artikel Terkait